Ekspor Perdana Gerbong KA ke Bangladesh Dihadiri 3 Menteri

Ekspor Perdana Gerbong KA ke Bangladesh Dihadiri 3 Menteri

SURABAYA – Dengan menggunakan sarana kapal kargo berbendera Panama yang bersandar di Terminal Jamrud Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya ke 15 unit gerbong kereta api (KA) penumpang diberangkatkan ke Bangladesh. Ekspor perdana ini diberangkatkan secara langsung oleh Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro.

Pemberangkatan perdana ekspor gerbong KA penumpang buatan PT Industri Kereta Api (Inka) ini juga disaksikan langsung oleh Menteri Perdagangan Thomas Lembong dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddi Chrisnandi. Pengiriman tahap pertama sebanyak 15 gerbong KA penumpang dari 150 unit yang dipesan Bangladesh Railways ini akan terus bertahap mulai bulan ini hingga bulan Agustus mendatang.

Realisasi ekspor gerbong KA penumpang buatan PT Inka ini membuktikan produksi gerbong KA telah diakui tingkat internasional. Selain itu, Indonesia juga mampu melakukan perluasan pasar ekspor dan menembus negara non-tradisional market.

PT Mutuagung Lestari Turut Serta dalam Export perdana 15 unit dari 100 unit gerbong penumpang KA Produksi INKA ke Cititagong – Bangladesh oleh MENKEU 2 MENDAG RI, di Pelabuhan TG. Perak, Surabaya. Dimana tim Inspeksi Mutu bertanggung jawab dalam kegiatan Cargo Lashing Inspection.

“Diharapkan juga nantinya Indonesia mampu mendorong ekspor barang-barang hasil manufaktur yang nantinya dapat membuktikan bahwa Indonesia tidak hanya mengandalkan ekspor komoditas,” ujar Bambang di Surabaya, Kamis (31/3/2016).

Sementara itu PT Inka memproduksi pesanan gerbong KA yang mendapat bantuan pembiayaan dari Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim) ini setelah PT Inka berhasil memenangi tender senilai USD72 juta atau senilai Rp900 miliar.

Sumber : Okezone.com

Tags:
No Comments

Post A Comment