Mutu International Raih Sertifikat Akreditasi COC IFCC/PEFC KAN

5 Pilihan Terbaik Lembaga Sertifikasi ISPO di Indonesia

Setiap perusahaan perkebunan kelapa sawit atau usaha pengolahan minyak kelapa sawit di Indonesia khususnya wajib memiliki sertifikasi ISPO (Indonesia Sustainable Palm Oil). Hal ini wajib dilakukan perusahaan kelapa sawit Sebagai bentuk komitmen perusahaan terhadap dampak gas rumah kaca. Pemerintah juga sudah menetapkan lima lembaga sertifikasi ISPO yang telah memenuhi persyaratan untuk melakukan penilaian kesesuaian. 

Indonesia merupakan negara produsen minyak kelapa sawit terbesar yang ada di dunia. Memiliki lahan perkebunan sawit hingga seluas 10 juta hektar. Dengan luas lahan tersebut Indonesia dapat memproduksi sebanyak 43,5 juta ton kelapa sawit setiap tahunnya. 

Hasil dari industri kelapa sawit berupa CPO (Crude Palm Oil), diekspor ke berbagai negara. Seperti China, India, Pakistan, Amerika Serikat, Bangladesh, Mesir, dan masih banyak lagi negara-negara lainnya.

Potensi bisnis yang besar ini perlu didukung dengan perhatian terhadap standar tata kelola yang baik.  Yaitu melalui penetapan standar ISPO. Sertifikasi ISPO juga akan mendorong daya saing bisnis, sehingga perusahaan bisa terus meningkatkan performanya dan menjaga standar kualitas.

 

5 Pilihan Terbaik Lembaga Sertifikasi ISPO

Pemerintah Indonesia melalui Komisi ISPO telah menunjuk 5 lembaga sertifikasi ISPO terbaik. Pengusaha kelapa sawit wajib mendaftarkan perusahaanya, untuk mendapatkan sertifikasi di salah satu dari lima lembaga TIC (Testing, Inspection, Certification) tersebut. 

Adapun, lima lembaga sertifikasi yang telah ditunjuk oleh pemerintah di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Mutu Internasional

Mutu Internasional atau PT Agung Mutu Lestari merupakan lembaga sertifikasi yang sudah berdiri sejak tahun 1990. Telah dipercaya oleh lebih dari 3.000 perusahaan multinasional dan juga menjadi mitra pemerintah untuk layanan TIC.

Mutu internasional memiliki laboratorium independen yang sudah terakreditasi ISO 17025. Berpengalaman dalam melakukan uji laboratorium untuk industri kelapa sawit 

  • Sucofindo

PT Sucofindo (persero) merupakan lembaga sertifikasi pemerintah (BUMN) yang juga telah ditunjuk oleh komisi ISPO. Untuk mengaudit bisnis perkebunan kelapa sawit dan usaha pengolahan hasil kelapa sawit. 

  • TUV NORD Indonesia

Tuv Nord adalah perusahaan superintending asal Jerman yang juga membuka layanannya di Indonesia. TUV Nord dikenal sebagai pemain global dalam bidang jasa TIC dan pelatihan. Perusahaan ini memiliki tenaga ahli dan auditor berpengalaman yang netral dan independen.

  • TUV Rheinland Indonesia

Satu lagi lembaga sertifikasi yang berasal dari Jerman yaitu TUV Rheinland Indonesia. Perusahaan ini memiliki sejarah panjang lebih dari 150 tahun. Kini TUV Rheinland memiliki 20.600 pegawai yang tersebar di berbagai negara, termasuk Indonesia. 

  • SAI Global Indonesia 

Perusahaan terakhir yang mendapatkan kepercayaan Kementerian Pertanian RI sebagai lembaga sertifikasi ISPO adalah SAI Global Indonesia. Perusahaan multinasional ini berbasis di Chicago Amerika Serikat. Di samping melakukan audit dan sertifikasi, Intertek SAI Global juga memberikan berbagai jenis pelatihan. 

Penetapan standar ISPO merupakan kebijakan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertanian, untuk mendorong industri kelapa sawit yang berkelanjutan. Sejak tahun 2011 semua perusahaan perkebunan kelapa sawit wajib memiliki sertifikasi ISPO. Kemudian pada November 2025 nanti, pekebun kelapa sawit juga diharuskan memiliki sertifikasi ISPO.

Ketetapan ini merupakan upaya untuk meningkatkan mutu kinerja perusahaan perkebunan kelapa sawit. Dengan memperhatikan aspek tata kelola, lingkungan dan sosial. Agar dapat memenuhi standar global dan meningkatkan daya saing. 

Sertifikat ISPO memiliki masa berlaku 5 tahun dan perlu dievaluasi setiap tahunnya.  Karena itulah penting bagi perusahaan yang bergerak di industri kelapa sawit, untuk memiliki mitra lembaga sertifikasi ISPO terpercaya. Agar bisnis dapat terjaga standar tata kelolanya dan mendapatkan pengakuan berupa sertifikat dari lembaga profesional. 

Mutu Internasional dapat menjadi pilihan terbaik bagi industri kelapa sawit. Mutu Internasional memiliki fasilitas laboratorium yang mutakhir. Serta didukung oleh tenaga ahli dan auditor profesional yang siap melayani permintaan sertifikasi ISPO!

Silahkan hubungi Mutu Certification International untuk pelatihan lainnya melalui [email protected] atau (62-21) 8740202. Ikuti Training sesuai kebutuhan Anda Bersama Kami. Anda dapat mengajukan pelatihan sesuai kebutuhan perusahaan maupun individu. Hubungi Mutu Certification International sekarang juga. Follow juga Instagram Mutu International di @mutuinternational untuk update pelatihan lainnya.