PT Mutuagung Lestari Tbk Cabang Makassar (MUTU International) Sukses Jalani Asesmen Laboratorium Lingkungan dengan Standar ISO/IEC 17025:2017

Makassar, 18 September 2023 – PT Mutuagung Lestari Tbk Cabang Makassar (MUTU International), perusahaan yang berdedikasi dalam mengukur kualitas lingkungan, menjalani Asesmen laboratorium lingkungan yang berlangsung pada tanggal 19 hingga 20 September 2023. Asesmen ini bertujuan untuk memastikan bahwa MUTU memenuhi kriteria persyaratan berdasarkan SNI ISO/IEC 17025:2017, yang merupakan standar internasional untuk laboratorium pengujian dan kalibrasi.

 

Tim asesmen terdiri dari para ahli di berbagai bidang, yang mencakup Teknis Biologi Air, Lingkup QMS, Teknis Fisika/Kimia Air, dan Teknis Fisika/Kimia Udara. Kegiatan asesmen meliputi beragam pengujian fisika/kimia air sungai, air limbah, dan udara, termasuk pengukuran insitu seperti suhu, pH, DHL, dan DO.

 

Kegiatan tersebut mencakup penyaksian (witness) sampling dan pengujian fisika/kimia air sungai dan air limbah di lapangan, termasuk parameter seperti suhu, pH, DHL, dan DO. Selain itu, juga dilakukan penyaksian sampling dan pengujian fisika/kimia udara di lapangan, dengan parameter seperti NO2, O3, TSP, NOX, CO, Opasitas, dan intensitas kebisingan lingkungan kerja.

 

Selanjutnya, asesmen dilanjutkan dengan penilaian terhadap persyaratan umum, struktural, sistem manajemen (sesuai dengan klausul 4, 5 & 8), dan klausul 6 & 7 yang sesuai dengan Rencana Lapangan (RL) pengajuan akreditasi (QMS). Asesmen juga mencakup penilaian persyaratan sumberdaya & proses, serta lingkup teknis sesuai dengan RL pengajuan akreditasi (Air & Sampling). Witness pengujian air limbah (Krom heksavalen, Minyak dan Lemak), serta air sungai (Nitrit, Klorida) juga dilaksanakan.

 

Di kegiatan akhir asesmen ini mencakup konfirmasi temuan ketidaksesuaian dan penyusunan laporan hasil asesmen, yang akan menjadi dasar untuk pembahasan lebih lanjut. MUTU berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam menjaga lingkungan yang lebih baik melalui pengukuran kualitas lingkungan yang akurat dan terpercaya. Kesuksesan asesmen ini akan menjadi landasan untuk pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat dan pemangku kepentingan.

 

Silahkan hubungi MUTU International melalui E-Mail: [email protected], Telepon: (62-21) 8740202 atau kolom Chat box yang tersedia. Hubungi MUTU International sekarang juga. Follow juga seluruh akun sosial media MUTU International di Instagram, Facebook, Linkedin, Tiktok, Twitter, Youtube dan Podcast #AyoMelekMUTU untuk update informasi menarik lainnya.

Sumber :

Kantor Komunikasi
PT Mutuagung Lestari Tbk