Training FSSC 22000

Training FSSC 22000

Training FSSC 22000

Dalam melakukan produksi makanan, terdapat berbagai hal yang penting untuk diperhatikan, salah satunya yaitu keamanannya. Maka dari itu, ada sertifikasi yang perlu dilakukan oleh setiap produsen, yaitu Sertifikasi FSSC 22000. Untuk dapat melakukannya dengan optimal, maka ada baiknya Anda mengikuti program training FSSC 22000.

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan training sertifikasi FSSC 22000 ini? Apa saja tujuan dari training ini sehingga menjadi penting untuk dilakukan? Ikuti penjelasannya lebih lanjut dalam artikel ini dan pastikan Anda sudah mengambil langkah yang tepat dalam mempersiapkan program sertifikasi FSSC 22000.

Mengenal tentang Training FSSC 22000

Sebelum membahas terlalu jauh tentang training, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu tentang apa yang dimaksud dengan sertifikasi FSSC 22000. Ini merupakan program sertifikasi terkait keamanan pangan dengan mengambil basis dari sertifikasi ISO.

Sertifikasi ini berlaku untuk semua jenis rantai pasok dan standarnya telah diakui secara internasional. Skema dari program sertifikasi yang satu ini juga telah menguraikan berbagai syarat dalam melakukan audit, sehingga turut mengatur tentang sistem manajemen mutu dan manajemen keamanan pangan.

Dalam melakukan persiapan sertifikasi, Anda dapat memilih program training FSSC 22000. Program tersebut bertujuan untuk memberikan Anda pengarahan tentang pengelolaan sistem pangan dan melakukan berbagai pelatihan yang terkait dengan memastikan kepatuhannya.

Di berbagai rantai pasok pangan, keamanan tentunya menjadi aspek penting yang tidak boleh diabaikan. Namun, sebagian perusahaan mungkin memerlukan bantuan secara profesional untuk dapat memastikan keamanannya. Program training akan memberikan bantuan tersebut, sehingga Anda akan lebih lancar dalam mendapatkan sertifikatnya.

Hal-Hal yang Didapat dari Program Training FSSC 22000

Training ini menjadi sangat penting tentu saja bukan  tanpa alasan, karena ternyata ada berbagai hal yang bisa didapatkan dari kegiatan ini, antara lain yaitu sebagai berikut:

  • Memahami Persyaratan Sertifikasi

Pertama, peserta akan dikenalkan dengan berbagai standar dari sertifikasi FSSC 22000. Perkenalan ini dilakukan secara detail, sehingga berbagai hal akan dibahas, misalnya persyaratan sertifikasi, prinsip dalam HACCP, serta berbagai jenis persyaratan tambahan yang terdapat dalam dunia pangan.

  • Menerapkan Prinsip Penting dari HACCP

Selanjutnya, training ini dapat membuat peserta mempelajari tentang berbagai analisis bahaya kesehatan. Selanjutnya, peserta juga akan diajarkan berbagai langkah untuk dapat menerapkan prinsip HACCP.

  • Melakukan Pengembangan Sistem Manajemen Keamanan Pangan

Selanjutnya, training FSSC 22000 ini juga dapat membuat Anda lebih mudah untuk mengembangkan sistem manajemen keamanan dari setiap produk pangan.

Peserta pelatihan akan diajarkan tentang membuat dan mengembangkan SOP atau Standar Operasional Prosedur, melakukan dokumentasi terhadap berbagai hal tentang keamanan pangan, serta memastikan bahwa semua pergerakan dari perusahaan telah sesuai dengan persyaratan dari sertifikasi ini.

  • Melakukan Sistem Audit Internal

Dalam persyaratan sertifikasi FSSC 22000, ada berbagai hal yang perlu dipatuhi dengan baik pada berbagai tahap produksi.

Maka dari itu, sangat penting bagi setiap perusahaan untuk memahami dan melakukan audit internal, supaya semua standar dapat berjalan dengan baik dan setiap elemen di perusahaan memiliki tingkat kepatuhan yang tinggi.

  • Meningkatkan Kepercayaan dan Reputasi Perusahaan

Sertifikasi FSSC 22000 merupakan salah satu bukti komitmen dari perusahaan pangan untuk bisa memastikan keamanan dari setiap produk yang mereka hasilkan.

Maka dari itu, training ini dapat membuat Anda lebih mudah untuk memahami apa saja yang perlu dilakukan dalam mempersiapkan keamanan ini. Peserta akan dibekali dengan pengetahuan serta keterampilan yang terkait, sehingga dapat diterapkan secara optimal dalam setiap praktik berjalannya produksi.

Selanjutnya, hal ini dapat berdampak baik bagi peningkatan kepercayaan serta reputasi bagi perusahaan Anda. Ketika kedua hal tersebut telah terbangun dengan baik, maka konsumen akan semakin setia terhadap produk Anda.

Inilah langkah awal yang tepat bagi Anda yang ingin memperluas pasar dan mencari banyak konsumen loyal.

Tujuan Training FSSC 22000

Setelah membaca berbagai hal yang akan didapatkan dari program pelatihan ini, maka mungkin saja Anda sudah terbayang apa saja yang menjadi tujuan pentingnya. Berikut adalah berbagai hal yang akan dituju dari adanya training, pastikan Anda segera mendapatkan semuanya dengan optimal!

  • Dapat Memahami Persyaratan

Sesuai dengan yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya, salah satu hal yang didapatkan dari training FSSC 22000 ini yaitu dapat memahami persyaratan sertifikasi. Tentunya, ini menjadi tujuan penting pula bagi training ini.

  • Dapat Mempersiapkan Dokumen

Ada berbagai syarat yang diperlukan dalam melakukan sertifikasi, termasuk mempersiapkan dokumen terkait. Tujuan kedua dari adanya training ini yaitu supaya Anda dapat lebih mudah dalam melakukan berbagai persiapan dokumen.

Untuk bisa mencapai tahap persiapan dokumen, tentunya ada langkah-langkah yang tidak bisa terlewatkan, misalnya mempersiapkan audit internal.

Jika dibaca ulang pada penjelasan bagian sebelumnya tentang hal-hal yang akan didapatkan dari training, maka hampir setiap poin yang dibahas tadi merupakan langkah penting untuk melakukan persiapan dokumen.

  • Dapat Mempersiapkan Berbagai Implementasinya

Setelah mengetahui berbagai syarat yang perlu dilakukan untuk bisa mendapatkan sertifikasi FSSC 22000, maka selanjutnya penting juga bagi setiap perusahaan untuk mempersiapkan implementasi yang sesuai dengan standar dan skema yang ditentukan.

Dengan melakukan training FSSC 22000, maka Anda bisa mendapatkan program pelatihan untuk mendukung terlaksananya berbagai persiapan implementasi dengan baik.

Selanjutnya, persiapan tersebut dapat menjadi langkah awal untuk melakukan setiap tahap produksi makanan dengan aman dan optimal.

  • Dapat Mengelola Keperluan Standar

Ada berbagai keperluan standar yang perlu dikelola dengan baik jika Anda menerapkan skema FSSC 22000. Maka dari itu, hal ini perlu dipahami dan diimplementasikan dengan baik.

Inilah tujuan selanjutnya dari training ini, yaitu dapat mengelola segala jenis hal yang diperlukan serta melakukan setiap langkahnya dengan tepat dan sesuai standar keamanan pangan.

Itulah berbagai penjelasan tentang training FSSC 22000 yang menjadi sangat penting untuk membantu Anda dalam menyiapkan sertifikasi.

Pada dasarnya, setiap jenis sertifikasi memang memiliki standar dan syaratnya masing-masing. Jika akan mengikuti salah satu program sertifikasi, maka sangat penting untuk melakukan berbagai persiapannya dengan maksimal.

Sertifikasi  FSSC 22000 memang menjadi langkah yang sangat penting bagi berbagai perusahaan yang bergerak dalam memproduksi makanan.  Dengan adanya pemenuhan sertifikasi ini, maka perusahaan Anda dapat lebih memperhatikan berbagai faktor keamanan terkait produk yang dibuat.

Persiapan yang matang sebelum mengajukan sertifikasi dapat menjadi cara tepat supaya nantinya setiap langkah yang dilakukan dapat terlaksana dengan optimal. Namun, tidak semua perusahaan dapat melakukan persiapan tersebut secara mandiri, sehingga program pelatihan atau training pun menjadi solusi yang bijak.

Untuk menunjangnya, maka program dari MUTU International dapat menjadi pilihan tepat. MUTU International adalah perusahaan atau lembaga yang bergerak di bidang pelayanan jasa testing, inspeksi, hingga berbagai jenis sertifikasi. Perusahaan ini sudah cukup lama berdiri, yaitu sejak 1990.

Dalam sepak terjangnya, perusahaan ini juga sudah banyak berpartisipasi dalam membantu berbagai bidang usaha sesuai dengan kebutuhan mereka, termasuk berbagai hal yang terkait penunjangan program sertifikasi.

Maka dari itu, jika Anda membutuhkan training FSSC 22000, jangan ragu untuk mendapatkan program dari MUTU International. Selanjutnya, segera dapatkan sertifikasi penting ini supaya bisa menjamin keamanan produksi Anda!

Referensi

https://saiassurance.id/fssc-22000#:~:text=FSSC%2022000%20adalah%20skema%20sertifikasi%20terkemuka%20global%20yang%20berlaku%20di,operasi%20bisnis%20Anda%20diseluruh%20dunia.

https://catalystconsulting.id/mengenal-training-fssc-22000.php

https://traineed.co.id/training-fssc-22000-food-safety-system-certification/