Kajian Mendalam terhadap Lembaga Verifikasi Gas Rumah Kaca Global

Kajian Mendalam terhadap Lembaga Verifikasi Gas Rumah Kaca Global

Lembaga verifikasi gas rumah kaca (GRK) secara global harus menghadapi berbagai tantangan. Ini mengingat memastikan akurasi laporan emisi GRK perlu menyesuaikan dengan standar dan pedoman yang berlaku. Misalnya, GHG Protocol atau Pelaporan dan Pengukuran GRK yang mengacu pada Protokol PBB.

Namun, terdapat pula peluang dari proses verifikasi GRK yang bisa menjadi ruang perbaikan. Sebab, manfaat verifikasi GRK lebih besar dari tantangan itu sendiri. Jadi, lembaga verifikasi perlu terus konsisten dalam menjalankan tugasnya meminimalkan dampak lingkungan. Mari ikuti pembahasannya berikut!

Tantangan Global Lembaga Verifikasi Gas Rumah Kaca 

Berbagai tantangan yang perlu dihadapi lembaga verifikasi GRK secara global bisa Anda simak berikut ini:

  • Ketersediaan dan Kualitas Data

Tantangan pertama adalah memastikan ketersediaan data serta kualitasnya ketika menghitung emisi GRK. Ketersediaan data yang dimaksud meliputi aksesibilitas, format data, hingga ketepatan waktu.

Sedangkan, kualitas data mengacu pada akurasi, keandalan, kelengkapan, serta relevansi data. Bila tidak bisa memastikan dua hal tersebut, maka lembaga verifikasi berisiko menyebabkan ketidakpastian, kesalahan, hingga perbedaan pada pelaporannya.

Apabila ingin meningkatkan ketersediaan dan kualitas data, maka lembaga verifikasi perlu mengikuti syarat dan prinsip dari Protokol GRK. Protokol tersebut jadi standar internasional dengan tingkat penggunaan paling banyak dalam pelaporan GRK.

Lalu, lembaga verifikasi perlu menetapkan prosedur pengumpulan serta pengolahan data dengan jelas. Alat dan metode yang tepat perlu digunakan sebagai cara mendokumentasikan sumber data serta asumsi verifikasi.

  • Kriteria dan Standar Verifikasi

Selanjutnya, lembaga verifikasi gas rumah kaca (GRK) juga harus menghadapi tantangan berupa penetapan dan pemilihan kriteria serta standar verifikasi yang sesuai. 

Kriteria verifikasi merupakan persyaratan serta tolok ukur yang khusus. Kriteria tersebut digunakan pada lembaga verifikasi dalam menilai inventaris GRK, seperti Protokol GRK hingga panduan sektoral relevan.

Adapun standar verifikasi merupakan prinsip serta aturan yang mengatur jalannya proses verifikasi. 

Pemilihan dan penetapan kriteria maupun standar verifikasi yang tepat cukup menantang bagi lembaga verifikasi. Sebab, dua aspek tersebut dapat berbeda menyesuaikan tujuan, lalu cakupan, serta tingkat jaminan verifikasinya.

Demi memastikan konsistensi dan kepatuhan, lembaga verifikasi perlu berkonsultasi dengan pemangku kepentingan. Kemudian, perlu juga persetujuan kriteria serta standar verifikasi sebelum proses verifikasi dimulai. 

Perbarui dan tinjau juga kriteria serta standar verifikasi secara berkala. Jadi, terdapat pembaruan atau perubahan yang bisa menjadi evaluasi dalam laporan GRK.

  • Batasan dan Ruang Lingkup

Tantangan lembaga verifikasi yang satu ini berkaitan dengan kemampuan mendefinisikan batasan serta lingkup dari inventaris GRK. 

Batasan merujuk pada batasan pada organisasi serta operasional yang menetapkan aktivitas serta entitas apa yang tercakup dalam inventaris. Contohnya, bisa usaha patungan, anak perusahaan, operasional yang disubkontrakkan, serta aset yang disewakan.

Sementara itu, ruang lingkup meliputi jenis emisi gas rumah kaca yang tidak termasuk atau termasuk ke dalam inventaris. Misalnya, emisi GRK langsung dari sumber yang dikendalikan atau dimiliki (Lingkup 1), emisi tidak langsung yang berasal dari alat panas, listrik, atau uap yang dibeli (Lingkup 2), atau emisi tak langsung lain dari aktivitas hilir atau hulu (Lingkup 3).

Memberi definisi pada pada batasan serta lingkup dari inventaris GRK dapat menjadi ambigu dan kompleks. Khususnya bila perusahaan atau organisasi tersebut berukuran besar dan memiliki keberagaman di dalamnya

Untuk menghindari inkonsistensi serta kebingungan, terdapat panduan serta praktik terbaik yang berasal dari Protokol GRK serta standar relevan lain yang perlu diikuti. Salah satunya adalah ISO 14064. Pengungkapan pilihan serta alasan terhadap batasan dan lingkup pun harus jelas. 

  • Dokumentasi dan Proses Verifikasi

Berikutnya, lembaga verifikasi gas rumah kaca (GRK) juga harus menghadapi tantangan ketika mengelola dokumentasi serta proses verifikasi. 

Proses verifikasi tersebut meliputi beberapa langkah, mulai dari perencanaan, lalu pengambilan sampel, kemudian pengujian, tahap evaluasi, serta pelaporan dan juga penyelesaian masalah. 

Untuk dokumentasi verifikasi GRK, tahapannya melibatkan berbagai pencatatan. Misalnya, perhitungan, lembar data, metode, asumsi, temuan, bukti, rekomendasi, hingga pendapat. 

Pengelolaan dokumentasi serta proses verifikasi tersebut cukup memakan waktu. Selain itu, biaya yang harus dikeluarkan tidak sedikit dan cenderung merepotkan. Terlebih ketika melibatkan inventaris GRK yang kompleks dan besar.

Maka dari itu, perlu adanya koordinasi dengan lembaga verifikasi agar dapat menyederhanakan proses dokumentasi dan verifikasinya. Jalin komunikasi yang efektif juga dengan tim internal. 

Kemudian, berikan akses serta informasi yang dibutuhkan pada mereka. Gunakan pula sistem serta alat yang aman dan handal ketika menyimpan berbagai dokumentasi terkait proses verifikasi. Jangan  lupa ikuti instruksi serta feedback dari lembaga verifikasi.

  • Perbaikan dan Hasil Verifikasi

Tantangan yang kelima pada proses verifikasi GRK yaitu bertindak serta menafsirkan hasil verifikasi dan perbaikannya. 

Hasil dari verifikasi GRK berisi hasil serta kesimpulan yang didapatkan dimulai dari proses verifikasi. Proses tersebut meliputi pendapat verifikasi, lalu tingkat jaminan, kemudian tingkat materiil, serta segala batasan atau kualifikasi.

Untuk perbaikan verifikasi itu sendiri ketika terdapat rekomendasi dan saran demi peningkatan inventaris GRK. Misalnya, memperbaiki kesalahan, meningkatkan kualitas data, meminimalkan ketidakpastian, hingga mengadopsi praktik terbaik.

Menafsirkan serta bertindak untuk perbaikan dan hasil verifikasi dapat menjadi sulit. Sebab, terdapat kemungkinan implikasi dalam manajemen serta pelaporan GRK. 

Hal yang dimaksud di antaranya revisi atau mengungkapkan emisi gas rumah kaca Anda, implementasi pencegahan atau tindakan korektif, hingga penyesuaian strategi atau target Anda.

Anda perlu menerima serta memahami temuan maupun pendapat dari lembaga verifikasi agar dapat memanfaatkan hasil dari verifikasi dan perbaikannya seoptimal mungkin.

Lalu, atasi tiap isu maupun kekurangan pada inventaris GRK yang ada. Selain itu, gunakan juga perbaikan verifikasi untuk peningkatan dan pembelajaran. Kemudian, integrasikan hal tersebut dalam siklus manajemen dan pelaporan GRK.

Peluang Global Lembaga Verifikasi Gas Rumah Kaca 

Setelah memahami berbagai tantangan bagi lembaga verifikasi dalam mengelola emisi GRK, berikut peluang yang tersedia dan bisa dimanfaatkan dengan baik:

  • Membantu perusahaan menunjukkan pada pemangku kepentingan eksternal bahwa mereka mematuhi standar emisi GRK dengan transparan dan kredibel;
  • Membantu perusahaan memaksimalkan penjualan melalui keunggulan dari segi praktik keberlanjutan lingkungan yang membedakannya dengan kompetitor;
  • Membantu perusahaan memastikan bahwa laporan manajemen internal mereka akurat dan relevan, serta konsisten dari masa ke masa;
  • Membantu efisiensi dan optimasi biaya melalui pelaporan verifikasi emisi GRK yang akurat, sehingga menghindari penalti;
  • Membantu perusahaan menarik investor melalui integritas sistem pelaporan dan pengendalian emisi GRK;
  • Membantu perusahaan mempertahankan reputasinya melalui bukti pelaporan, yang menunjukkan data bisa bisa diandalkan dan bisa jadi dasar pengawasan media yang kuat;
  • Membantu perusahaan terhindar dari kredit karbon offset yang biayanya tinggi, serta membantu mencapai praktik terbaik netralitas karbon dengan program pengurangan yang efektif dan efisien.

Demikian berbagai tantangan serta peluang lembaga verifikasi dalam mengelola emisi gas rumah kaca. Anda bisa mengikuti sertifikasi Verifikasi Pernyataan GRK dari MUTU International bila ingin menerapkan perusahaan yang sadar lingkungan dan berkelanjutan. 

Tim kami adalah profesional di bidangnya, jadi proses verifikasi terjamin kredibel untuk Anda ikuti. Hubungi kami untuk informasi selengkapnya tentang verifikasi GRK!