HACCP: Pengertian, Tujuan, Prinsip, dan Contohnya

Apa Keuntungan Menerapkan ISO 45001 dalam Suatu Organisasi?

Penerapan ISO 45001 yang konsisten tentu saja akan mendatangkan beragam manfaat pada perusahaan. Hal tersebut tidak hanya berlaku untuk pemilik usaha saja namun juga pada para karyawan bahkan pelanggan.

ISO diterapkan untuk setiap perusahaan dalam berbagai sektor usaha maupun jenis dan ukurannya. Baik perusahaan yang ada di sektor industri besar maupun pada usaha mikro sekalipun yang memiliki risiko akan keselamatan serta kesehatan kerja.

 

Meninjau Bagaimana Penerapan ISO 45001 bagi Perusahaan

Kegiatan operasional suatu perusahaan tidak jarang selalu menimbulkan resiko cedera ataupun kecelakaan. Hal tersebut menjadi sesuatu yang tidak bisa dipungkiri, namun masih bisa untuk diminimalisir dan bahkan dicegah.

Sebab jika terdapat kegagalan dalam sistem keselamatan dan kesehatan kerja, maka kerugian yang ditimbulkan tidak main-main. Tidak hanya akan menimbulkan kerugian pada biaya saja bahkan juga nyawa, yang mana hal tersebut juga tetap akan berujung pada kerugian perusahaan.

ISO telah merilis ISO 45001 pada tahun 2018 silam. Didapuk sebagai pengganti OHSAS 18001, penerapan ISO 45001 ini berfokus pada sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja. Perbedaan paling mencolok dari kedua standar internasional ini adalah fokus tujuannya.

OHSAS 18001 fokus pada tata kelola bahaya pada keselamatan dan kesehatan kerja. Selain itu juga terhadap permasalahan internal perusahaan lainnya. OHSAS bertujuan membuat perusahaan bisa melakukan pengelolaan risiko serta memaksimalkan K3. Tidak hanya itu, OHSAS juga mengatur supaya perusahaan bisa menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat.

Sementara itu untuk ISO 45001 lebih luas lagi cakupan dan fleksibilitas dari segi penerapannya. ISO bisa diterapkan bagi segala perusahaan tidak perlu melihat dari ukuran, operasional, tujuan maupun hasilnya. 

Persyaratan ISO bisa dilakukan integrasi yang sebisa mungkin harus paling sesuai dengan manajemen perusahaan. Sehingga penerapan ISO 45001 lebih memungkinkan bagi perusahaan untuk dikombinasikan dengan standar-standar yang lainnya.

Adanya penerapan ISO yang baik dan konsisten bisa menjadikan perusahaan sebagai lingkungan kerja yang sehat dan aman. Selain itu, menerapkan ISO 45001 sesuai standar juga akan meminimalisir adanya kegagalan dalam proses operasional perusahaan. Sehingga manajemen K3 jadi terlaksana secara maksimal.

Bagi perusahaan-perusahaan yang menginginkan optimalisasi penerapan K3, sertifikasi ISO 45001 ini sangat krusial. Karena standar bertaraf internasional ini bisa membantu perusahaan dalam meningkatkan mutu kinerja K3.

 

Keuntungan Penerapan ISO 45001 bagi Perusahaan

Di bawah ini adalah keuntungan-keuntungan yang bisa diperoleh dengan menerapkan standarisasi ISO 45001 bagi perusahaan Anda.

  • Perusahaan jadi lebih sadar akan adanya risiko serta peluang bahaya yang muncul di lingkungan perusahaan.
  • Melibatkan tidak hanya top manajemen, tapi juga seluruh pihak yang berkegiatan di lingkup perusahaan.
  • Komitmen dalam penerapan ISO 45001 berarti aktif berpartisipasi dalam manajemen K3. Selain itu juga dapat mengatasi adanya kegagalan dalam tempat kerja serta penyakit akibat kerja (PAK).
  • Perhitungan hukum yang menyangkut setiap bahaya dan resiko yang berpeluang muncul dalam sistem manajemen K3.
  • ISO 45001 dapat menjadi pedoman dalam mengendalikan sistem operasional perusahaan dan pengelolaan resiko, bahaya serta aturan hukum yang berlaku.
  • Seluruh pekerja diharuskan berpartisipasi aktif untuk menyukseskan implementasi manajemen K3.
  • Perusahaan dapat melakukan evaluasi secara berkala terhadap setiap kinerja manajemen K3. Selain itu juga senantiasa berkelanjutan melakukan perbaikan dan pengembangan.
  • Dapat meningkatkan kinerja dan kepuasan para karyawan karena terciptanya lingkungan kerja yang sehat dan aman.
  • Reputasi perusahaan akan meningkat. Karena penerapan ISO  dapat memberikan kepuasaan dan meningkatkan kepercayaan pada pelanggan, supplier, staf ataupun komunitas lainnya. ISO 45001 secara proaktif memberikan panduan yang bisa mencegah dan menghindari risiko kerja.
  • Meminimalisir pengeluaran pada biaya kompensasi dan penanggulangan kecelakaan kerja
  • Pengurangan pada budget operasi dan down time
  • Lebih hemat untuk biaya asuransi
  • Perusahaan akan dengan mudah memperoleh pengakuan secara internasional

 

Bagaimana Cara Kerja ISO 45001 Membantu Perusahaan?

Inilah Keuntungan Penerapan ISO 45001 dalam Organisasi

Pendekatan dan standar yang ISO 45001 terapkan bagi perusahaan internasional termasuk dalam standar yang komprehensif dan sistematis. Sebab ISO memang lahir dari banyaknya masalah kecelakaan dan kegagalan kerja di seluruh dunia. ISO sebagai organisasi internasional dengan partisipan 160 negara menyadari bahwa hal ini merupakan tanggung jawab bersama.

Sehingga, penerapan ISO 45001 ini akan melibatkan seluruh departemen perusahaan. Semua aspek atau lapisan dalam struktur organisasi akan masuk pembahasan dan kebijakan. Keterlibatan dan keterkaitan setiap pihak dalam perusahaan sangat diperlukan. Khususnya juga dari para pihak pembuat keputusan.

 

Pengendalian Risiko dalam Penerapan ISO 45001

Terdapat elemen-elemen pengendalian risiko yang sesuai dengan standar ISO 45001. Berikut adalah poin-poin penjelasannya:

1. Eliminasi

Elemen ini berarti sebuah kegiatan yang tujuannya melakukan penghilangan bahaya dalam lingkungan kerja. Contohnya adalah dengan melakukan penghapusan penggunaan bahan-bahan kimia yang beracun dan berbahaya. 

Perusahaan juga harus mengeliminasi jenis pekerjaan yang memiliki banyak dampak negatif bagi para pekerja. Baik itu akan mengganggu keselamatan ataupun kesehatan pekerja.

2. Substitusi

Elemen selanjutnya adalah substitusi yang dimaksud juga dengan pergantian. Perusahaan wajib mengganti hal-hal yang dampaknya negatif di lingkungan kerja. Kemudian memilih hal lain yang sekiranya lebih minim resiko sebagai penggantinya.

Misalnya, melakukan pergantian cat solvent ke yang memiliki bahan dasar air. Bisa juga contoh lainnya dengan mengganti perangkat atau infrastruktur yang sudah tidak layak dan membahayakan dengan hal lainnya yang lebih aman.

3. Reorganisasi dan Rekayasa Teknik

Tujuan dilakukannya elemen yang satu ini agar pekerja dapat dilindungi secara kolektif. Untuk penerapannya sendiri, perusahaan menggunakan alat-alat pelindung mesin dan pelindung diri. 

Serta meminimalisir bising dan melakukan shift atau pembagian jam kerja. Sehingga tidak ada kendala ataupun potensi resiko lain yang mungkin muncul dan memicu kecelakaan atau cedera.

4. Pengendalian Administrasi

Bagian ini sifatnya administratif namun masih tergolong penting dan sangat krusial. Terkait dengan kebijakan-kebijakan K3 yang sedang diterapkan di tempat kerja.

Contoh dalam penerapan ISO 45001 untuk elemen ini adalah pelatihan, sertifikasi, pelaksanaan pekerjaan sesuai SOP, perlindungan untuk keselamatan kerja.

5. Alat Pelindung Diri

Tidak hanya sesuai standar ISO 45001, penggunaan alat pelindung diri saat melakukan pekerjaan yang beresiko dan berbahaya itu wajib. Hal tersebut sudah diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 8 Tahun 2010. 

Sehingga para pekerja juga menjadi lebih aman dan minim terpapar resiko. Maka dapat terwujudlah lingkungan kerja yang memang aman dan sehat bagi seluruh pihak.

Demikian mengenai penerapan ISO 45001 yang mendatangkan banyak manfaat dalam mensukseskan sistem manajemen K3 di perusahaan. Semoga ulasan ini dapat memudahkan perusahaan Anda salam mendapatkan sertifikasi ISO 45001.

Anda bisa bekerja sama dengan MUTU International dalam mencapai sertifikasi ISO 45001. Kami merupakan perusahaan penyedia jasa layanan di bidang inspeksi dan sertifikasi untuk berbagai macam industri. Mulai dari kehutanan, perkebunan, manufaktur, logistic, sektor public, pelayanan, konstruksi, makanan, perikanan dan energi.

Kami melayani berbagai jasa pengujian, inspeksi, dan sertifikasi untuk berbagai macam industri. Berdiri sejak 1990, Mutu Certification siap menjadi mitra bagi perusahaan Anda karena telah berpengalaman di bidangnya.

Tim ahli kami yang didukung oleh pengalaman selama lebih dari 30 tahun, bekerja untuk mengidentifikasi masalah dan menyarankan solusi yang sesuai, guna meningkatkan kinerja perusahaan Anda secara efektif dan efisien.

Silahkan hubungi MUTU International melalui E-Mail: [email protected], Telepon: (62-21) 8740202 atau kolom Chat box yang tersedia. Hubungi MUTU International sekarang juga. Follow juga seluruh akun sosial media MUTU International di Instagram, Facebook, Linkedin, Tiktok, Twitter , Youtube dan Podcast #AyoMelekMUTU untuk update informasi menarik lainnya.