Kolaborasi MUTU International dan Dinas Lingkungan Hidup

Dalam merealisasikan industri yang ramah lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup memerlukan bantuan pihak lain, seperti perusahaan sertifikasi. Belum lama ini, perusahaan sertifikasi MUTU International telah mengesahkan MoU dengan DLH. Hal ini menunjukkan bahwa mereka adalah perusahaan yang bertekad menjaga lingkungan melalui peranannya dalam industri TIC. Bagaimanakah seluk-beluk hubungan kerja sama ini?

Bermula dari Pengembangan Laboratorium Lingkungan

Bukan tanpa asal mula yang jelas, penandatanganan MoU untuk kerja sama DLH dan MUTU International ini didasari dari satu alasan penting. Pengembangan Laboratorium Lingkungan yang dimiliki pihak MUTU adalah faktor yang membuat nota kesepahaman atau MoU tercetus. Awalnya, pihak MUTU hanya ingin memperkenalkan laboratorium canggih mereka  yang sudah terakreditasi KAN pada pihak DLH.

Mempertimbangkan teknologi yang mumpuni di laboratorium ini, MUTU International dan DLH sepakat untuk menjadikan laboratorium tersebut menjadi tempat pelaksanaan pengujian  TIC. Pasalnya, laboratorium tersebut terbukti dapat memberikan hasil yang akurat dan berkualitas. Tak hanya itu, kerja sama ini juga lahir bahwa perkembangan industri memang harus terus diimbangi dengan penjagaan lingkungan dan hal tersebut harus dijalankan dengan kerja sama yang sinergis.

Kolaborasi sekaligus penandatanganan MoU ini menggambarkan bahwa potensi kerja sama yang sinergis antara sektor swasta dan pemerintah bisa saja terjadi. Apalagi, dengan tujuan yang sama untuk melindungi dan melestarikan lingkungan. Selain itu, tujuan jangka panjang dari kolaborasi ini juga berkaitan dengan peningkatan kualitas dan kemampuan SDM dalam pengujian pelestarian lingkungan.

Hal-hal yang Tercakup dalam MoU

Tak jauh-jauh dari tujuan lingkungan hidup, ada banyak hal yang terkandung dalam MoU yang ditandatangani dua pihak penting dalam industri ini. Kebijakan pertama yang terkandung dalam MoU ini mencakup komitmen kerjasama antara DLH dan MUTU International yang setuju untuk terus meningkatkan integrasi pengujian, mencakup sampling dan analisis air limbah dan baku.

Tak terbatas soal pengujian saja, supaya evaluasi performa sustainability dapat dilakukan secara efektif, maka kedua belah pihak berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas SDM masing-masing praktisi. Adapun solusinya bisa melalui pelatihan peningkatan skill para teknisi dan peneliti terkait pengujian lingkungan yang akurat. Melalui kerja sama ini, kedua pihak akan bersinergi dalam upaya mencapai tujuan perlindungan lingkungan berkelanjutan.

Jalin Hubungan Kerja Sama dengan Berbagai Daerah

MUTU International selaku perusahaan sertifikasi terkemuka ini tentunya bukan hanya menggaet kolaborasi bersama satu DLH saja. Sejauh ini sudah ada 7 DLH dari berbagai kota di Indonesia yang telah bekerja sama dengan pihak MUTU. 7 DLH tersebut berasal dari daerah yang intensitas pertaniannya tinggi di Indonesia. Jadi, urgensi pelestarian lingkungannya juga memang perlu lebih diperhatikan.

Kerja sama yang paling awal dilakukan adalah dengan DLH Kota Depok dan Bogor. Dua DLH ini yang menjadi titik tercetusnya MoU tersebut. Setelah itu, DlH yang turut terlibat dalam kolaborasi positif ini kian bertambah, yakni dari DLH Pontianak Kalimantan Barat, DLH Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah, DLH Lamandau Kalimantan Tengah, DLH Sintang Kalimantan Barat, serta DLH Sulawesi Selatan.

Harapan dan Rencana MUTU International untuk Jangka Panjang

Melalui banyaknya kolaborasi ini diharapkan kepercayaan kedua belah pihak terus berlanjut dan semakin banyak juga DLH lain yang turut bergabung pada kerja sama untuk lingkungan dan industri ini. Dengan begitu, cakupan pengelolaan sektor yang sesuai dengan standar pelestarian lingkungan semakin luas. MUTU International juga berharap laboratoriumnya bisa terus memberikan pelayanan yang akurat sehingga bisa terus berdampak positif bagi banyak pihak.

Selain itu, penandatanganan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan perusahaan supaya dapat terus memperluas layanan sertifikasi untuk pemantauan lingkungan bagi para praktisi industri maupun produsen. Jika pelayanan sertifikasi dan pemantauan lingkungan ini semakin dikenal luas, maka kesadaran wilayah lain untuk menjaga lingkungan juga akan bertambah.

 

Dapat disimpulkan bahwa kerja sama antara pihak MUTU dan DLH adalah contoh nyata antara kolaborasi positif antara sektor wisata dan pemerintah yang sama-sama peduli dengan industri dan penjagaan lingkungan. Supaya Anda bisa mengetahui upaya-upaya positif terbaru dari MUTU International, kunjungi website resminya secara berkala, ya.

 

Silahkan hubungi MUTU International melalui E-Mail: [email protected], Telepon: (62-21) 8740202 atau kolom Chat box yang tersedia. Hubungi MUTU International sekarang juga. Follow juga seluruh akun sosial media MUTU International di InstagramFacebookLinkedinTiktokTwitter , Youtube dan Podcast #AyoMelekMUTU untuk update informasi menarik lainnya.

 

Sumber :

Kantor Komunikasi 
MUTU International