Mengenal ISO 9001 Sistem Manajemen Mutu

Kenapa Perlu ISO 45001?

Manfaat ISO 45001 dalam sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja sangat signifikan. Sebagai salah satu standar bertaraf internasional yang ada di dunia, ISO merupakan sebuah pedoman yang baik.

Penerapannya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan dunia yang tersebar di 160 negara. Orientasinya adalah memberikan solusi yang adil bagi para pemilik usaha dan bekerja agar lebih terjamin keselamatannya.

Tak bisa dipungkiri bahwa di setiap pekerjaan selalu muncul risiko yang dapat mengganggu kondisi keselamatan dan kesehatan kerja. Sehingga menjadi tujuan banyak perusahaan untuk memperbaikinya.

 

Perlunya Penerapan Manfaat ISO 45001 bagi Perusahaan

ISO atau The International Organization for Standardization merupakan organisasi non pemerintah yang mencakup 160 negara di dunia. Tugasnya adalah melakukan pengembangan standar yang dapat diterapkan oleh berbagai industri di dunia. Hal-hal yang diutamakan ada upaya dalam menciptakan kualitas, keamanan serta efisiensi operasional.

ISO memberikan kerangka kerja yang dengan utama dapat memberikan pedoman bagi Anda dalam mengelola kemunculan resiko K3. Sehingga tempat kerja menjadi lebih aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

1. Menjalankan Persyaratan Kepatuhan

Manfaat ISO 45001 adalah menjadi pedoman dalam penerapan yang sistematis mengenai kebutuhan para pemangku kepentingan di perusahaan. Sehingga lebih konsisten dan berkomitmen penuh mewujudkan lingkungan kerja aman. 

Standar ISO 45001 ini menjadi standar yang harus dipahami dan memang diperlukan perusahaan Anda.

2. Komitmen akan Penerapan K3

Reputasi perusahaan Anda juga akan dipengaruhi oleh adanya penerapan K3 yang berkelanjutan. Sehingga dapat memberikan kepuasaan dan meningkatkan kepercayaan pada pelanggan, supplier, staf ataupun komunitas lainnya. Sebab ISO secara proaktif memberikan panduan yang bisa mencegah dan menghindari risiko kerja.

3. Meningkatkan Performa Bisnis Anda

ISO 45001 memberikan evaluasi dan analisa untuk setiap kebijakan K3 yang berlangsung di perusahaan Anda. Sehingga dapat tercipta tujuan yang lebih selaras antara implementasinya dan arah strategis perusahaan.

4. Meminimalisir Waktu Henti Operasional

Manfaat ISO 45001 selanjutnya adalah menghapus dan mengurangi risiko K3 di tempat kerja. Sehingga jiwa dan fisik para pekerja selalu terlindungi sebagaimana mestinya. Maka waktu henti pun dapat dikurangi dan reputasi bisnis menjadi lebih meningkat.

Baca juga: Risiko K3 Menurut OHSAS 18001

 

Mengenali ISO 45001 Lebih Lanjut

Perlunya Penerapan Manfaat ISO 45001 bagi Perusahaan

ISO 45001 mengatur perihal Occupational Health Safety Management System (OHSMS) yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan Sistem Manajemen Keselamatan Kesehatan Kerja (SMK3).

ISO 45001 berlaku secara internasional ini merupakan salah satu alat yang menjawab keresahan para pekerja di seluruh dunia. Terutama apabila menyangkut adanya penyakit, kecelakaan maupun kematian yang disebabkan oleh aktivitas bekerja.

Sebagai salah satu pedoman untuk manajemen K3, ISO 45001 ini diterapkan dengan tujuan mengurangi kecelakaan kerja. Selain itu juga memberikan rasa aman dan perlindungan kepada seluruh pekerja. Sehingga dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih sehat dan minim resiko K3.

1. Pengganti OHSAS 18001

Sebab OHSAS 18001 sudah tidak relevan lagi, sejak ISO 45001 diterbitkan maka seluruh perusahaan harus mengganti sertifikasinya. Apabila semula memakai standar yang sesuai pedoman OHSAS, maka per Maret 2018 sudah beralih ke ISO 45001. 

2. Ruang Lingkup ISO 45001

Ruang lingkup yang dapat berpartisipasi mewujudkan manfaat ISO 45001 adalah keseluruhan perusahaan. Seluruh lapisan harus komitmen untuk menerapkan, mempertahankan serta senantiasa meningkatkan pengelolaan K3. 

Sembari selalu memastikan bahwasanya manajemen K3 yang diterapkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Hal ini perlu ditunjukkan dengan adanya sertifikasi maupun pernyataan sistem manajemen K3 yang telah sesuai kebutuhan operasional perusahaan.

3. Keterkaitan dengan Organisasi

Untuk menyukseskan penerapan ISO 45001, maka diperlukan pemahaman pada seluruh bagian perusahaan. Baik mengenai persoalan internal maupun persoalan eksternal. Selain itu juga harus sesuai dengan harapan para stakeholder dan tidak dapat dipisahkan keterkaitannya dengan operasi bisnis.

4. Kepemimpinan dan Partisipasi Kerja

Manfaat ISO 45001 yang bisa dirasakan kelak untuk perusahaan adalah suksesnya manajemen resiko K3. Hal tersebut tentu tidak terlepas dari adanya akuntabilitas dan responsibilitas dari manajemen. 

Semuanya dilakukan melalui penyusunan, penerapan serta pelaksanaan dan evaluasi adanya K3. Sehingga memunculkan budaya konsultasi serta partisipasi dalam seluruh struktur organisasi perusahaan. Setiap pendapat para pekerja dianggap penting dan menjadi bahan pertimbangan sebelum memutuskan suatu kebijakan.

 

Tahapan Penerapan ISO 45001 dalam Perusahaan

Perlunya Penerapan Manfaat ISO 45001 bagi Perusahaan

Agar tercipta lingkungan kerja yang berhasil menerapkan K3, maka berikut ini adalah tahapan-tahapan yang perlu dilakukan perusahaan. Supaya perusahaan bisa mendapatkan sertifikasi dengan lebih mudah.

1. Perencanaan

Perusahaan harus melaksanakan perencanaan, mulai dari perencanaan resiko ataupun perencanaan peluang. Sehingga bisa menimbulkan dampak pada implementasi manajemen K3. Tahapan perencanaan ini melingkupi hal-hal seperti analisa risiko serta peluang, aturan hukum dan beberapa persyaratan yang sifatnya kontraktual.

2. Dukungan

Perusahaan wajib memberikan dukungan penuh untuk penerapan manajemen K3 berkelanjutan. Hal itu dapat dilakukan dengan melengkapi sumber daya yang memang diperlukan perusahaan. 

Mulai dari melakukan pembangunan, penerapan serta sebisa mungkin mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas manajemen K3. Dukungan-dukungan tersebut dapat berupa sumber daya manusia (SDM), sumber daya alam (SDA), kelengkapan infrastruktur serta kekuatan finansial.

3. Operasional

Agar dapat merasakan manfaat ISO 45001, perusahaan juga sangat perlu dalam konsistensi melakukan perencanaan, penerapan, pengendalian dan komitmen menjalankan prosedur yang berlaku. Sehingga perusahaan bisa senantiasa memenuhi standar ISO yang berlaku dan selalu menjadi relevan. 

Hal-hal yang sifatnya operasional seperti perubahan perencanaan yang permanen maupun temporer. Kesemuanya menyebabkan adanya dampak untuk sistem manajemen K3, produk perusahaan, layanan perusahaan maupun pengadaan perusahaan.

4. Penilaian Kinerja

Setiap pelaksanaan sistem manajemen K3, tentu saja tidak hanya mendulang manfaat ISO 45001 saja. Namun juga mendatangkan banyak evaluasi kerja. Hal tersebut dilakukan agar perusahaan dapat mengetahui apakah penerapan K3 sudah sesuai standar ISO atau perlu peningkatan.

Maka disediakan tim khusus untuk melakukan pengawasan, pengukuran, analisa serta penilaian kinerja K3 di perusahaan. Hal ini dilakukan secara berkala, maka perusahaan bisa menggunakan tim audit internal.

5. Pengembangan

Setiap perusahaan tentu ingin melakukan perkembangan dalam segala aspek, termasuk pada sistem manajemen K3. Supaya perusahaan terus kompetitif, diperlukan komitmen dalam proses perbaikan manajemen K3. 

Perusahaan harus mampu untuk secara continue meningkatkan keefektifan dan kesesuaian sistem manajemen K3 yang sesuai dengan budaya dan kebutuhan perusahaan.

Kini Anda telah mengetahui apa saja manfaat ISO 45001 dan bagaimana langkah-langkah yang bisa dilakukan perusahaan untuk mengimplementasikannya. ISO serta standar lainnya menjadi pedoman dasar bagi perusahaan untuk bisa mengontrol, mengevaluasi dan mengembangkan sistem. Sehingga kualitas produk yang dihasilkan lebih terjamin. 

Namun, selain itu juga memberikan jaminan rasa aman kepada seluruh lapisan struktur organisasi perusahaan. Sehingga membuat perusahaan Anda dapat bersaing secara internasional. Untuk itu, jangan sampai Anda lalai dalam melakukan sertifikasi ISO 45001.

Rasakan manfaat ISO 45001 dengan segera mendapatkan sertifikasi yang lebih mudah bersama MUTU International. Kami telah beroperasi sejak tahun 1990 di bidang inspeksi dan sertifikasi untuk berbagai macam industri. 

Mulai dari kehutanan, perkebunan, manufaktur, logistic, sektor public, pelayanan, konstruksi, makanan, perikanan dan energi.

Kami melayani berbagai jasa pengujian, inspeksi, dan sertifikasi untuk berbagai macam industri. Berdiri sejak 1990, Mutu Certification siap menjadi mitra bagi perusahaan Anda karena telah berpengalaman di bidangnya.

Tim ahli kami yang didukung oleh pengalaman selama lebih dari 30 tahun, bekerja untuk mengidentifikasi masalah dan menyarankan solusi yang sesuai, guna meningkatkan kinerja perusahaan Anda secara efektif dan efisien.

Silahkan hubungi MUTU International melalui E-Mail: [email protected], Telepon: (62-21) 8740202 atau kolom Chat box yang tersedia. Hubungi MUTU International sekarang juga. Follow juga seluruh akun sosial media MUTU International di Instagram, Facebook, Linkedin, Tiktok, Twitter , Youtube dan Podcast #AyoMelekMUTU untuk update informasi menarik lainnya.