Potensi Besar, Kemenperin Fokus Hilirisasi Industri Kelapa Sawit

KONTAN.CO.ID –  JAKARTA. Indonesia memiliki potensi besar dalam pengembangan produk hilir turunan minyak sawit. Hal ini didukung ketersediaan bahan baku industri yang melimpah, dimana produksi Crude Palm Oil (CPO) dan Crude Palm Kernel Oil (CPKO) mencapai 52,14 juta ton pada tahun 2020. Selain itu, jumlah penduduk Indonesia yang mencapai lebih dari 270 juta jiwa merupakan potensi pasar yang sangat besar untuk produk hilir minyak sawit pangan, personal wash, personal care, hingga biofuel.

“Indonesia berpredikat sangat unggul pada supply and demand minyak sawit dunia,” kata Plt. Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika dalam keterangan resminya, Kamis (21/10). Putu menyebutkan, beberapa capaian kuantitatif sektor industri kelapa sawit bagi ekonomi nasional, di antaranya menyumbang devisa ekspor lebih dari Rp 300 triliun per tahun dan menyerap tenaga kerja sebanyak 5,2 juta orang.

Sumber : 
Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul “Potensinya besar, Kemenperin fokus hilirisasi industri kelapa sawit”, Klik untuk baca: https://newssetup.kontan.co.id/news/potensinya-besar-kemenperin-fokus-hilirisasi-industri-kelapa-sawit?page=all.

Editor: Noverius Laoli |  Reporter: Vina Elvira

No Comments

Post A Comment