Mengenal Apa itu TIC (Testing, Inspecting, and Certification)

Mengenal Apa itu TIC (Testing, Inspection, and Certification)

Mengenal Apa itu TIC? Apa yang menjamin suatu produk, layanan, dan prosedur sudah memiliki kualitas sesuai dengan standar? Dibutuhkan proses Testing, Inspection, and Certification (TIC) untuk mencari tahu hal tersebut. Karena perusahaan atau organisasi tidak bisa mengklaim sendiri kualitas dari layanan dan produk yang dihasilkan. 

Konsumen pun sudah semakin cerdas dan memiliki kesadaran yang tinggi dalam memilih produk dan jasa. Pada situasi inilah bisnis membutuhkan jasa dari perusahaan TIC yang memberikan servis berupa penilaian kesesuaian. 

Setelah melakukan pengujian dan inspeksi, bisnis dapat mengajukan sertifikasi. Bukti pengakuan tersebutlah yang menjadi jaminan aspek keamanan dan standar kualitas. 

 

Apa Itu TIC (Testing, Inspection, and Certification)?

TIC merupakan bagian dari conformity assessment atau penilaian kesesuaian. Terdiri dari serangkaian proses mulai dari pengujian (testing), inspeksi (inspecti0n), dan sertifikasi (certification). 

Penilaian kesesuaian dilakukan untuk memastikan apakah suatu aktivitas, proses produksi, layanan, dan juga produk, sudah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan. Sebenarnya pengujian kualitas bisa dilakukan sendiri oleh perusahaan atau produsen produk. 

Namun banyak bisnis memilih menggunakan jasa perusahaan independen, yang berpengalaman dalam bidang penilaian kesesuaian. Termasuk lembaga-lembaga sertifikasi yang sudah terakreditasi sehingga punya wewenang menerbitkan sertifikat tertentu. Nah, berikut ini pembahasan yang lebih rinci tentang testing, inspection, and certification: 

Testing

Testing atau pengujian merupakan suatu proses untuk memastikan kualitas produk. Apakah sudah memenuhi persyaratan standar atau belum. Cara melakukan pengujian yaitu dengan mengambil contoh atau sampel produk. Kemudiaan sampel tersebut diuji di laboratorium. 

Inspection

Dalam KBBI, inspeksi diartikan sebagai kegiatan pemeriksaan dengan saksama. Bisnis perlu melakukan inspeksi secara rutin untuk memeriksa proses, kinerja, dan produk akhir, sudah sesuai dengan aturan atau standar. 

Certification

Semua jenis bisnis dari berbagai industri mengejar sertifikasi untuk mendapatkan jaminan dan pengakuan. Sehingga bisa meningkatkan kepercayaan publik. 

Sertifikasi sendiri memiliki arti ketetapan yang dikeluarkan badan independen sebagai bentuk jaminan tertulis. Bahwa produk, sistem, prosedur, dan layanan terkait sudah memenuhi persyaratan atau standar mutu.

Melalui proses testing, inspection, and certification, perusahan dapat menunjukkan kualitas layanan. Memberikan jaminan bahwa konsumen bisa mendapatkan produk bermutu. Serta membuat suatu bisnis lebih unggul dari kompetitor yang lain.

 

Berbagai Industri yang Memerlukan Jasa TIC

Mengenal Apa itu TIC (Testing, Inspecting, and Certification)

Melakukan testing, inspection, and certification, akan memberikan keuntungan bagi bisnis. Meskipun jalan untuk mendapatkan sertifikasi tidak mudah. Namun manfaatnya akan dirasakan oleh pihak perusahaan dan konsumen.

Sebenarnya hampir semua jenis bisnis bisa mendapatkan layanan penilaian kesesuain dan sertifikasi. Pemilik bisnis hanya perlu cermat saat memilih perusahaan penyedia jasa TIC. Sebab tidak semua perusahaan TIC menawarkan sertifikasi untuk berbagai jenis industri. Nah, di bawah ini adalah jenis-jenis industri yang memerlukan jasa TIC yaitu:

Manufaktur

Dalam industri manufaktur penilaian kesesuaian menguji manajemen mutu yang berkaitan dengan kepuasan pelanggan. Keselamatan di tempat kerja dan kesehatan pegawai. 

Juga manajemen lingkungan yang berhubungan dengan cara perusahaan mengendalikan dampak lingkungan dan mengelola limbah. 

Energi

Industri bidang energi juga membutuhkan sertifikasi, yang berkaitan degan manajemen mutu dan tenaga kerja. Selain itu bidang usaha energi juga memerlukan sertifikasi yang berhubungan dengan pengurangan emisi karbon dan teknologi keberlanjutan. 

Makanan

Industri makanan akan memerlukan sertifikasi sistem manajemen keamanan pangan. Yaitu berhubungan dengan identifikasi bahan pangan, analisis risiko, dan pengendalian. Bisni juga perlu melakukan peninjauan di semua tahap produksi. Serta dampak lingkungan yang dihasilkan.

Perikanan

Penilaian kesesuaian dalam industri perikanan juga membutuhkan, pengujian, inspeksi, dan sertifikasi. Agar perusahaan yang bergerak di bidang perikanan dapat menjamin mutu dan kualitas pelayanan sesuai standar yang disepakati.

Perkebunan

Dalam bisnis perkebunan, di samping membutuhkan sertifikasi manajemen mutu, sektor perkebunan juga perlu melakukan asesmen lain. Salah satunya sertifikasi organik yang menjadi jaminan bahwa produk memiliki kandungan yang aman.  

Pelayanan 

Industri pelayanan berkaitan dengan bisnis yang menawarkan jasa. Meski yang dijual kepada pelanggan berupa jasa, namun penting bagi industri ini untuk memiliki sertifikasi. Terutama untuk bisnis di sektor pariwisata.

Masih banyak lagi jenis industri lain yang juga membutuhkan jasa testing, inspection, dan certification. Misalnya saja industri logistik, konstruksi, kehutanan, kesehatan, sektor publik, teknologi dan informasi. 

Perusahaan dapat mempercayakan proses penilaian kesesuaian kepada penyedia jasa TIC terkemuka. Pilih yang sudah berpengalaman, memiliki inspektor dan tenaga ahli profesional. Serta didukung oleh fasilitas laboratorium yang memadai.

 

Jenis-jenis Sertifikasi

Mengenal Apa itu TIC (Testing, Inspecting, and Certification)

Ada banyak jenis sertifikasi untuk berbagai macam tahapan prosedur dan layanan. Bahkan dalam satu jenis industri saja terdiri dari beberapa tipe sertifikasi. Beberapa macam sertifikasi yang umum diminta oleh perusahaan atau lembaga di antaranya yaitu:

ISO 9001

Standar ISO 9001 merupakan sertifikasi untuk sistem manajemen mutu. Yaitu untuk menunjukkan bahwa suatu organisasi peduli terhadap pelanggannya. Dapat konsisten memenuhi apa yang menjadi harapan konsumen. Serta mampu memperoleh kepuasan pelanggan.

ISO 21001

Standar ISO 21001 adalah sertifikasi untuk lembaga pendidikan. Berkaitan dengan sistem manajemen organisasi pendidikan. Sertifikasi menunjukkan bahwa organisasi pendidikan dapat memenuhi persyaratan dan keinginan pihak serta penerima manfaat lainnya. 

ISO 22000

ISO 22000 adalah sertifikasi untuk Sistem Manajemen Keamanan Pangan. Bisnis di sektor pangan yang memiliki sertifikasi ini berarti mendapatkan pengakuan terkait pengolahan produk pangan yang sudah sesuai standar. Bisnis telah memenuhi aspek higienitas, sanitasi, dan zero risk hazard analysis, serta aspek penting lainnya.

ISPO

Sertifikasi ISPO (Indonesian Sustainable Palm Oil) menunjukkan bahwa perusahaan industri kelapa sawit mampu menjalankan kegiatan bisnis yang berkelanjutan. Pihak pengelola perkebunan dan pabrik pengolah kelapa sawit wajib menerapkan prinsip serta kriteria yang sudah ditetapkan dalam ISPO.

SMK3

SMK3 merupakan singkatan dari Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesejahteraan Kerja. Sertifikasi ini berfungsi melindungi tenaga kerja dari risiko kecelakaan saat bekerja. 

SMK3 juga menjadi bentuk kepatuhan organisasi terhadap aturan yang berlaku yaitu PP no 50 tahun 2012. Serta mampu meningkatkan produktivitas dan juga reputasi perusahaan

Sertifikasi Usaha Pariwisata Bidang Usaha Hotel 

Industri pariwisata juga sangat membutuhkan sertifikasi. Salah satunya bisnis hotel dan penginapan. Hotel yang sudah memiliki sertifikasi mampu memberikan jaminan pelayanan dan hospitality yang baik bagi pengunjung

Jenis sertifikasi di atas baru beberapa contoh hasil akhir dari proses testing, inspection, and certification. Dengan memiliki sertifikasi, perusahaan atau lembaga dapat menjamin bahwa setiap tahapan produksi, prosedur, dan layanan sudah memenuhi standar persyaratan yang ditetapkan. 

Sertifikasi dapat ditampilkan oleh perusahaan atau organisasi, sebagai jaminan kepada pemangku kebijakan dan konsumen. Bahwa produk atau layanan telah teruji dan terjaga kualitasnya.

Salah satu TIC Company Indonesia yang berpengalaman melayani jasa pengujian, inspeksi, dan sertifikasi, adalah Mutu Internasional. Dengan pengalaman 30 tahun, Mutu Internasional telah dipercaya oleh lebih dari 3.000 perusahaan. Serta ditunjuk pemerintah sebagai lembaga sertifikasi untuk beberapa industri. 

Bahkan saat ini, Mutu International sudah berekspansi. Membuka pelayanan di negara-negara Asia lainnya, seperti Malaysia, China, Jepang, dan Vietnam. 

Mutu Internasional telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN), untuk melakukan testing, inspection, and certification (TIC). Proses pengajuan sertifikasi bagi bisnis atau lembaga juga dibuat efisien sehingga memudahkan klien mendapatkan sertifikat!

Silahkan hubungi Mutu Certification International untuk pelatihan lainnya melalui [email protected] atau (62-21) 8740202. Ikuti Training sesuai kebutuhan Anda Bersama Kami. Anda dapat mengajukan pelatihan sesuai kebutuhan perusahaan maupun individu. Hubungi Mutu Certification International sekarang juga. Follow juga Instagram Mutu International di @mutuinternational untuk update pelatihan lainnya.