Kerugian yang Ditimbulkan Akibat Terjadinya Kecelakaan Kerja

Kerugian yang Ditimbulkan Akibat Terjadinya Kecelakaan Kerja

Kerugian Kecelakaan Kerja harus ditanggung oleh perusahaan. Biaya kerugian yang ditimbulkan karena adanya kecelakaan kerja itu tidak sedikit. Kerugian yang harus ditanggung oleh perusahaan juga tdiak sekedar soal materi, tapi juga banyak dampak lain yang jelas akan berpengaruh pada operasional dan kredibilitas perusahaan.

Di sini akan dibahas kerugian apa saja yang harus ditanggung oleh perusahaan akibat terjadinya kecelakaan kerja.

 

2 Jenis Kerugian Kecelakaan Kerja

Mengacu pada apa yang telah disusun oleh Organisasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja Oregon Amerika (OREGON OSHA), kerugian yang terjadi karena kecelakaan kerja dibagi menjadi dua jenis yaitu langsung atau tidak langsung.

Biaya Langsung

Pada kerugian satu ini mencakup hal-hal seperti biaya yang diasuransikan perusahaan, biaya perawatan serta rumah sakit bagi korban atau pekerja, biaya pengobatan korban pekerja, santunan kematian kepada keluarga korban pekerja.

Selain itu, termasuk juga serta pengeluaran biaya kompensasi di luar dari yang sudah diasuransikan oleh perusahaan. Kerugian kecelakaan kerja ini yang nampak dan seolah sedikit biaya dan dampaknya. 

Biaya Tidak Langsung

Sementara jenis kedua ialah biaya tidak langsung yang harus dipikul oleh perusahaan. Di antaranya ialah  biaya kerusakan yang terjadi pada infrastruktur, kerusakan fasilitas, peralatan dan mesin. Biaya kebakaran jika terjadi, biaya tindakan darurat.

Perusahaan juga harus alami hilangnya waktu untuk produksi, harus melatih pekerja baru, menggaji karyawan di waktu yang hilang sebab terjadi kecelakaan, produktivitas yang menurun. 

Selain 2 jenis kerugian tersebut, ada juga kerugian lain yang harus ditanggung oleh perusahaan. Menyangkut biaya legal dan administrasi  untuk melakukan proses klaim asuransi, konseling hukum dan sebagainya. 

Biaya produktivitas disebabkan oleh proses produksi yang tidak bisa bekerja maksimal bahkan sampai berhenti. Hal ini pun menyangkut pemulihan dari sisi psikologis yang harus diberikan pada pekerja terdampak. Biaya investigasi pun diperlukan juga agar tidak terjadi kecelakaan serupa yang berulang.

Baca juga: Inilah Faktor Penyebab Kecelakaan Kerja yang Harus Diwaspadai

Dampak Kerugian Kecelakaan Kerja Bagi Perusahaan Bagai Fenomena Iceberg

Seringkali dikaitkan dengan fenomena gunung es atau iceberg. Kerugian yang ditanggung perusahaan ketika ada kecelakaan kerja sesungguhnya tidak semurah atau semudah kelihatannya. Untuk itu kerugian yang ada pun dibagi dengan kerugian langsung dan kerugian tidak langsung. 

Seperti yang telah disinggung di atas, bahwa kerugian tidak hanya menyangkut persoalan keuangan saja. Tapi juga mempertaruhkan kredibilitas perusahaan kedepannya. 

Bahkan ada juga dampak-dampak lain yang terjadi dan menjadi efek domino. Seperti trauma yang dialami oleh para pekerja, hal itu juga harus menjadi concern yang difokuskan oleh perusahaan dalam menanggulangi kerugian kecelakaan kerja.

Tidak sedikit juga perusahaan yang jadi tercoreng nama baiknya karena terjadinya kecelakaan kerja. Perusahaan jadi kehilangan kepercayaan dan kredibilitasnya turun di mata masyarakat. 

Jika sudah menyangkut reputasi tentu akan sulit bahkan perusahaan asuransi manapun tidak akan bisa mengatasinya. Dengan demikian, perusahaan sendiri harus mampu bekerja ekstra dan berjuang mengembalikan citranya. 

Demikian untuk kerugian kecelakaan kerja yang ditanggung oleh perusahaan. Untuk dapat mencegah dan meminimalisir adanya kecelakaan kerja, penting untuk mengimplementasikan standar K3. Berlaku tidak hanya untuk perusahaan tapi juga seluruh lapisan karyawan. 

Mengikuti pelatihan K3 adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dan meminimalisir kerugian dari kecelakaan kerja. Pastikan untuk melibatkan seluruh pekerja untuk bisa berpartisipasi dalam hal ini.  

Mutu International dapat menjadi salah satu partner terbaik bagi perusahaan Anda untuk mengadakan pelatihan K3.

Silahkan hubungi MUTU International melalui E-Mail: [email protected], Telepon: (62-21) 8740202 atau kolom Chat box yang tersedia. Hubungi MUTU International sekarang juga. Follow juga seluruh akun sosial media MUTU International di InstagramFacebookLinkedinTiktokTwitter , Youtube dan Podcast #AyoMelekMUTU untuk update informasi menarik lainnya.