Apa itu Sektor TIC?

Apa itu Sektor TIC?

Sektor TIC adalah lembaga penilaian kesesuaian (conformity assessment), yang memberikan layanan berupa jasa audit, inspeksi, pengujian, verifikasi, sertifikasi, dan jaminan kualitas. TIC sendiri merupakan singkatan dari Testing, Inspection, dan Certification.

Proses penilaian kesesuaian dapat dilaksanakan secara in-house oleh masing-masing perusahaan, sebagai bentuk dari quality control. Namun kebanyakan bisnis juga menggunakan jasa lembaga sertifikasi yang menyediakan layanan TIC. Untuk mendapatkan sertifikat sebagai jaminan dari mutu suatu produk, pelayanan, maupun prosedur. 

Indonesia mempunyai 3 perusahan pemerintah atau BUMN yang bergerak dalam sektor  TIC. Ketiga perusahaan tersebut di antaranya ada PT Sucofindo, PT Surveyor Indonesia, dan juga PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI). Kini tiga lembaga tersebut telah menjadi perusahaan holding dengan BKI sebagai induk perusahaan.

Selain perusahaan pelat merah, ada pula perusahaan TIC independen yang berpengalaman seperti Mutu Internasional. Sebagai lembaga sertifikasi, Mutu Internasional sudah berkiprah selama 30 tahun dan dipercaya oleh banyak perusahaan serta lembaga pemerintah.

 

Tugas Sektor TIC 

Tugas utama dari layanan TIC yaitu memastikan aspek keamanan, kualitas barang dan jasa, mutu, serta integritas, dari berbagai jenis industri. Penilaian kesesuain dilakukan melalui pengujian, inspeksi, verifikasi, dan validasi. 

Jenis pekerjaan ini membutuhkan auditor, tenaga laboratorium, dan tenaga ahli peninjau. Supaya mendapatkan hasil penilaian yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan. Pemeriksaan tidak hanya dilakukan pada hasil akhir dari suatu produk. Namun meliputi seluruh tahapan dalam bisnis, yaitu mulai dari pra produksi, proses, sampai pasca produksi.

Kebutuhan akan jasa TIC ini semakin tinggi, seiring dengan tumbuhnya berbagai macam industri. Di antara bisnis yang tumbuh tersebut, ada beberapa perusahaan yang tidak transparan dan tidak bertanggung jawab. Hal ini jelas merugikan bisnis-bisnis lain yang bergerak di bidang serupa. 

Ditambah kesadaran konsumen akan mutu produk semakin membaik, membuat mereka lebih berhati-hati dan selektif saat memilih produk atau jasa. Karena itulah sektor TIC dibutuhkan, untuk memastikan keamanan produk, menjamin aktivitas perdagangan yang transparan, serta melindungi reputasi perusahaan. 

Kini tidak sulit bagi perusahaan untuk menemukan penyedia jasa TIC atau lembaga sertifikasi. Perusahaan yang bergerak di industri apapun bisa mendapatkan layanan penilaian kesesuaian dan sertifikasi. 

Salah satunya yaitu lembaga sertifikasi Mutu Internasional. Menyediakan layanan pengujian, inspeksi, dan sertifikasi untuk berbagai macam industri. Seperti kehutanan, perkebunan, perikanan, makanan, pelayanan, manufaktur, logistik, konstruksi, energi, dan sektor publik.

Baca juga: 5 Perusahaan TIC Terbaik

Keunggulan Mutu Internasional

Sektor TIC dari Mutu Internasional telah dipercaya oleh lebih dari 3.000 perusahaan dan juga lembaga pemerintahan. Mutu Internasional ditunjuk oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI sebagai lembaga audit resmi untuk K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja). Bahkan menjadi lembaga sertifikasi pertama di Indonesia yang ditunjuk oleh komisi ISPO (Indonesia Sustainable Palm Oil) dan Kementerian Pertanian RI. 

Selain itu, selama 30 tahun terakhir Mutu Internasional juga memiliki beberapa pencapaian lainnya. Serta semakin dipercaya sebagai badan sertifikasi berpengalaman. Kini Mutu Internasional juga membuka layanan di luar Indonesia. Perusahaan dengan nama PT Mutuagung Lestari  ini telah membuka kantor cabang di Malaysia, China, Vietnam, dan Jepang. 

Berikut ini keunggulan dari sektor TIC Mutu Internasional:

  • Memiliki auditor dan tenaga ahli profesional yang didukung oleh fasilitas laboratorium yang memadai
  • Menjadi lembaga sertifikasi pertama di kawasan Asia Pasifik yang diakui RCOB
  • Perusahaan sertifikasi pertama di kawasan Asia Pasifik yang menangani sertifikasi  Japan Agriculture System (JAS)
  • Mendapatkan akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) untuk melakukan sertifikasi bagi beragam jenis layanan. 
  • Memiliki kantor layanan di berbagai kota besar di Indonesia dan kawasan Asia

Pada tahun 2020 Mutu Internasional telah menambah layanan sertifikasi yang baru, untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Perkembangan Mutu Internasional sebagai TIC Company Indonesia yang menyediakan jasa sektor TIC masih terus berlanjut, dengan kualitas layanan yang konsisten. 

Hubungi Mutu Certification International untuk pelatihan lainnya melalui [email protected] atau (62-21) 8740202. Ikuti Training sesuai kebutuhan Anda Bersama Kami. Anda dapat mengajukan pelatihan sesuai kebutuhan perusahaan maupun individu. Hubungi Mutu Certification International sekarang juga. Follow juga Instagram Mutu International di @mutuinternational untuk update pelatihan lainnya.