KOMITMEN KETIDAKBERPIHAKAN
PT MUTUAGUNG LESTARI
Nomor: 1955.3/EXT-MUTU/IV/2021

 

 

PT Mutuagung Lestari (MUTU International) menyatakan Pernyataan Kebijakan
Ketidakberpihakan sebagai berikut:

 

1. MUTU International tidak menawarkan dan/atau menyediakan jasa konsultasi sistem manajemen dan internal audit.

2. Seluruh personil atau organisasi yang bertindak atas nama MUTU International diwajibkan untuk mematuhi kebijakan berikut:
a. Tidak berpartisipasi dalam proses audit dari setiap organisasi yang telah diberi bantuan berupa konsultasi atau internal audit, atau dimana mereka memiliki kepentingan komersial atau finansial untuk minimum jangka waktu 2 tahun setelah penyelesaian konsultasi atau internal audit atau sesuai yang ditentukan oleh skema sertifikasi
b. Seluruh kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh Divisi Pemasaran baik kantor pusat maupun kantor cabang PT Mutuagung Lestari tidak diperbolehkan pemasaran dan penawaran jasa seperti konsultasi, pelatihan penyusunan dan pembuatan prosedur sistem manajemen, dan internal audit.
c. Seluruh media pemasaran yang digunakan harus sesuai dengan format yang telah ditetapkan MUTU International, seperti terdapat identitas logo MUTU
d. Khusus untuk kegiatan sertifikasi, harus terdapat surat kesepakatan/perjanjian kerja/kontrak yang ditandatangani antara MUTU International dengan organisasi yang disertifikasi.
e. Tidak terlibat secara aktif pada perancangan, pembuatan dan penerapan sistem manajemen mutu dan lingkungan.
f. Tidak akan menyarankan atau menyiratkan bahwa sertifikasi akan lebih sederhana, lebih mudah atau lebih murah jika menggunakan jasa konsultasi atau pelatihan.
g. menandatangani pernyataan deklarasi (MUTU 4025) dan mematuhi isi Code Of Conduct (MUTU 5014)
h. Menyampaikan secara tertulis setiap konflik atau pontensi konflik yang dapat mengancam terhadap ketidakberpihakannya yang mencakup Self-interest threats, Self-review threats, Familiarity or trust threats dan Ancaman Intimidasi dan tekanan finansial, dan melaporkannya kepada atasan langsung

 

3. Keputusan hasil penilaian kesesuaian MUTU International didasarkan pada bukti obyektif kesesuaian atau ketidaksesuaian, dan bahwa setiap keputusan yang dibuat tidak dipengaruhi oleh kepentingan lain atau oleh pihak lain.

 

4. Keputusan hasil penilaian kesesuaian dibuat oleh personil yang kompeten dan tidak bertanggung jawab dalam melakukan audit dan bukan anggota dari tim audit.

 

5. MUTU International tidak mensertifikasi suatu sistem manajemen
a. Pada klien yan telah menerima konsultasi sistem manajemen minimal selama 2 tahun, dimana hubungan antara organisasi konsultan dengan MUTU International menunjukkan ancaman yang siginifikan terhadap ketidakberpihakan.
b. Pada sistem manajemen anak perusahaan
c. Pada sistem manajemen mutu lembaga sertifikasi lain

 

6. MUTU International tidak memperkenankan auditor yang sama sebagai ketua tim audit lebih dari 2 (dua) audit berturut-turut (apa pun jenis auditnya, yaitu audit sertifikasi dan pengawasan) dari suatu organisasi untuk skema yang sama. Selain itu, auditor yang sama juga tidak diperkenankan ikut serta atau terlibat dalam kegiatan audit terkait apapun (dalam posisinya sebagai auditor atau peninjau teknis atau pengambil keputusan) untuk organisasi yang sama sekurangnya selama 2 (dua) tahun.

 

7. Khusus skema Lembaga Validasi/Verifikasi Gas Rumah Kaca lingkup CORSIA. Untuk meminimalkan potensi konflik kepentingan, ketua tim verifikasi tidak melakukan lebih dari enam kali verifikasi dibawah program emisi gas rumah kaca untuk operator pesawat yang sama. Setelah enam tahun, ketua tim verifikasi berhenti selama tiga tahun berturut-turut memberikan layanan verifikasi CORSIA ke operator pesawat.

 

8. MUTU International berkomitmen terhadap anti penyuapan sebagaimana tercantum dalam dokumen Code of conduct and Anti-Bribery Policies MUTU-5014.

 

Demikian kebijakan ini dibuat untuk dipahami ,dijalankan dan dilaksanakan sebagaimana
mestinya. Kebijakan ini dibuat dan ditandatangani pada 21 April 2021, dengan ketentuan akan
ditinjau kembali apabila dikemudian hari terdapat kesalahan dan kekeliruan.

 

 

Depok, April 2021
Direksi PT Mutuagung Lestari