Perubahan standar Sistem Manajemen Keamanan Pangan (SMKP) ISO 22000:2005 ke ISO 22000:2018 menyebabkan beberapa perubahan dan tambahan persyaratan standar. Hal ini berdampak terhadap industri sektor pangan sebagai penerap standard dan juga Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Keamanan Pangan sebagai lembaga penilai kesesuaian.

Dengan adanya perubahan ini diharapkan SMKP ISO 22000:2018 betul-betul menjadi instrument yang efektif dalam mengendalikan bahaya keamanan pangan dan menghasilkan pangan yang aman untuk dikonsumsi. Sebagai upaya untuk mendukung industri sektor pangan nasional, maka PT Mutuagung Lestari sebagai salah satu Lembaga Sertifikasi sistem Manajemen Keamanan Pangan, berusaha untuk memfasilitasi kebutuhan tersebut.

Pada tanggal 20-21 Desember 2018, PT Mutuagung Lestari melakukan pembekalan dengan menitikberatkan pada perubahan standar SMKP versi ISO 22000:2018. Training ini difasilitasi oleh Bapak Defri Herianka, STP, MM, CT HMB, CLA IRCA. Materi yang di sampaikan meliputi perubahan utama pada standar ISO 22000:2018, pendekatan terhadap risiko, Progam Prasyarat Dasar (PRP) sering juga disebut GMP, Operational Pre-Requiste Program (O-PRP) untuk mengendalikan bahaya yang tidak kritis (CP) dan Prinsip Analisis Bahaya dan Titik Kendali Kritis untuk mengendalikan CCP.

Sumber :
Auditor Centre
PT.MUTUAGUNG LESTARI